6 Cara Menyusun Strategi Digital Marketing yang Tepat di Tahun 2023
Strategi marketing telah menjadi jantung dalam aktivitas bisnis hingga saat ini. Tanpa disadari, perkembangan teknologi mendorong perubahan strategi pemasaran konvensional menjadi strategi pemasaran digital (digital marketing). Untuk membahas lebih lanjut, mari kita bahas penjabaran tentang digital marketing.
Memahami digital marketing
Digital marketing mengarah kepada semua upaya pemasaran melalui Internet. Secara sederhana, digital marketing merupakan bentuk pemasaran yang dilakukan secara digital atau online. Dengan terus meningkatnya penggunaan internet, optimalisasi dan implementasi digital marketing menjadi peluang yang besar bagi bisnis Anda agar dapat dijangkau lebih banyak orang.
Pada awal tahun 2023 ini, dapat diprediksikan strategi digital marketing menjadi hal yang sangat krusial agar target dan tujuan bisnis Anda bisa tercapai di penghujung tahun 2023.
Lalu, bagaimana cara menyusun strategi digital marketing yang tepat sasaran untuk perusahaan Anda? Berikut 6 strategi digital marketing yang bisa Anda lakukan menggunakan model SOSTAC:
Apa itu model SOSTAC?
Model SOSTAC adalah kerangka/model yang dicetuskan oleh PR Smith yang digunakan sebagai alat yang digunakan oleh bisnis untuk membuat rencana digital marketing yang efektif. Kerangka ini terdiri atas 6 tahapan, yaitu: Situation Analysis (S), Objectives (O), Strategy (O), Tactics (T), Action (A), dan Control (C). Kerangka SOSTAC pun terbukti efektif dan telah digunakan oleh Chartered Institute of Marketing, RBS, hingga LinkedIn.
Bagaimana implementasi dari model SOSTAC yang tepat untuk perencanaan digital marketing Anda?
Situation Analysis (Analisis Situasi)
Memahami situasi dan kondisi perusahaan merupakan hal yang penting agar tujuan dan hasil akhir dari implementasi digital marketing perusahaan Anda tetap realistis dan dapat tercapai. Pada tahap ini, Anda dapat menganalisis SWOT dari sisi internal (Strengths dan Weaknesses) maupun eksternal perusahaan (Opportunities dan Threats).
Objectives (Menentukan Tujuan)
Setelah mengetahui situasi dan kondisi perusahaan pada saat ini, Anda dapat menentukan tujuan dari implementasi digital marketing dari perusahaan Anda. Dalam menentukan tujuan ini, Anda dapat menggunakan metode 5S, yaitu: Sell, Serve, Speak, Save, dan Sizzle. Hal ini dilakukan agar mempermudah proses evaluasi pasca kegiatan digital marketing Anda.
Strategy (Menyusun Strategi)
Ketika Anda sudah memahami situasi dan kondisi perusahaan, serta tujuan yang ingin dicapai dari aktivitas digital marketing Anda, saatnya menyusun strategi untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Pada tahapan ini, Anda dapat menyusun strategi digital marketing dengan metode STOP (Segmenting, Targeting, Online Value Proposition (OVP), dan Positioning). Metode ini dilakukan agar Anda dapat lebih mengenali target audiens, serta memahami posisi dan nilai dari brand perusahaan Anda di benak konsumen.
Tactics (Membuat Rencana Aksi)
Setelah strategi besar ditemukan, maka taktik yang tepat perlu dipikirkan agar memastikan strategi yang sudah dirumuskan akan berjalan sesuai dengan rencana. Anda dapat menggunakan Marketing Mix 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence) untuk mengidentifikasi turunan dari strategi yang telah ditentukan.
Action (Menjalankan Strategi & Taktik)
Selama berjalannya keseluruhan strategi, penting untuk memperhatikan cara untuk tetap menjaga motivasi dan komunikasi yang baik dari tiap anggota tim Anda. Hal ini dapat dibuat dengan menyiapkan rangkaian proses kerja yang terstruktur dan terjadwal dari setiap kanal digital perusahaan Anda.
Menyiapkan pengelolaan risiko dari berbagai kemungkinan ketika implementasi taktik digital marketing pun hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan.
Demi menjaga komunikasi yang baik di dalam tim, Anda memerlukan jaringan internet stabil ekstra cepat yang dapat diandalkan setiap saat, terkhusus pada waktu kritis. MAGIC Prime dan MAGIC Max merupakan solusi terbaik bagi bisnis Anda. Dengan SLA 99,9%, jitter rendah, serta cakupan wilayah nasional, kami memastikan kecepatan, kestabilan, dan keamanan jaringan internet dalam mendukung berjalannya bisnis Anda.
Control (Evaluasi)
Setelah seluruh strategi digital marketing diimplementasikan, saatnya mengevaluasi hasil yang telah dicapai. Hal ini akan membantu Anda mengukur efektivitas dari strategi yang telah dijalankan dan membuat perubahan-perubahan yang diperlukan sesuai dengan kondisi di lapangan.
Begitulah 6 cara untuk menyusun strategi digital marketing di tahun 2023. Ketahui lebih lanjut tentang layanan internet MAGNET lainnya yang dapat membantu mencapai target bisnis Anda. Hubungi kami sekarang juga!